Deretan Pemain Bola Indonesia Shopee Liga 1 Termahal

Demi mengarungi kompetisi musim 2019, klub-klub besar di Liga 1 rela membayar mahal pemain-pemain asing untuk membela tim mereka. Bahkan klub rela menggelontorkan dana hingga miliaran rupiah untuk mendatangkan pemain top demi meraih kemenangan. Dilansir dari situs penyedia data sepakbola transfermarkt.com, pemain dengan nilai transfer atau market value tertinggi didominasi pemain asing. Berikut nama-nama pemain bola Indonesia termahal untuk Liga 1 2019 yang diambil dari data Agustus:

  1. Brwa Nouri

Di peringkat teratas ada nama pemain asal Irak ini. Brwa Nouri tercatat sebagai pemain dengan nilai pasar termahal di Liga I Indonesia dengan nilai pasar yang sangat fantastis, 10,2 miliar rupiah. Nilai pasar memang bukan harga pasti seorang pemain, melainkan kisaran biaya yang harus dikeluarkan sebuah tim jika ingin memboyong pemain yang masih terikat kontrak dengan tim lain. Salah satu prestasi Nouri adalah mengantarkan klub sepak bola asal Swedia, Östersunds FK menjadi juara Piala Swedia 2016-2017. Selain itu, ia pernah membawa klub yang sama melewati babak grup Liga Europa 2017-2018 hingga lolos ke 32 besar dan bertemu dengan klub kuat Liga Inggris, Arsenal. Pada Juli 2018, ia memutuskan pindah dari untuk membela Bali United. Pemain usia 32 tahun berdarah Irak-Swedia ini dikenal dalam kemampuan yang kuat di lini tengah, pengontrolan bola, tembakan, dan mengoper bola.

  • Jaime

Pemain bola Indonesia berikutnya, Jaimerson da Silva Xavier atau lebih dikenal dengan panggilan Jaime adalah pemain kelahiran Brasil yang saat ini bermain untuk klub Madura United. Lelaki berusia 29 tahun yang sebelumnya mengisi posisi bek di Persija Jakarta ini memutuskan berlabuh di Madura United pada Januari 2019. Nilai transfernya setara dengan 9,5 miliar rupiah.

  • Ezechiel Ndouasel

Pemain yang sering dijuluki King Eze adalah pemain sepak bola asal Republik Chad yang saat ini membela Persib Bandung. Meskipun termasuk dalam pemain yang memiliki nilai transfer fantastis, setara dengan 8,6 miliar rupiah, keberadaannya dalam tim Maung Bandung ini cukup menciptakan kontroversi. Pasalnya, dari 13 pertandingan Shopee Liga 1, lelaki kelahiran 1988 ini baru mencetak 4 gol saja, padahal perannya adalah sebagai  penyerang tengah. Di samping itu, perilakunya di rumput hijau dianggap negatif dilihat dari koleksi kartu kuningnya hingga minggu ke-16 Liga 1 2019 yang mencapai tujuh kartu, yang berakibat pada skorsing untuk ketiga kalinya selama musim ini. 

  • Rafael Silva

Rafael Silva dos Santos resmi direkrut klub Barito Putera pada Februari 2019. Lelaki asal Brasil ini yang bertindak sebagai pemain sayap kiri ini pertama kali bermain di kompetisi Asia ketika dirinya memilih hijrah ke Liga Uni Emirate Arab, Hatta Club pada musim 2017 lalu. Pada musim 2018, Rafael Silva pun kembali ke Asia setelah mendapatkan tawaran dari klub asal China, Dilan Transcendence. Namun setelah musim 2018 berakhir, Dilan Transcendence memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak sang pemain. Ia diisukan memiliki nilai transfer sekitar 7,9 miliar rupiah.

  • Makan Konate

Pemain bola Indonesia kelahiran Republik Mali, Afrika 27 tahun yang lalu saat ini menjadi bagian dari klub Arema FC setelah hengkang dari Persib Bandung pada 2015 silam. Pemain yang berperan sebagai gelandang serang ini adalah top skorer sementara dari Singo Edan sepanjang permainan mereka di Liga 1 2019 dengan perolehan delapan gol. Makan Konate pertama kali membangun karirnya di dunia sepak bola sejak 2008 lalu saat bergabung dengan Stade Malien, sebuah klub sepak bola di Mali. Kemudian di tahun 2011, Makan Konate bergabung dengan klub Al Akhdar SC yang berbasis di Libya. Perjalanan karirnya di Indonesia dimulai tahun 2012 hingga sekarang. Beberapa klub Indonesia yang pernah menaunginya diantaranya PSPS Pekanbaru, Barito Putera, Persib Bandung, T-Team, Sriwijaya, hingga yang terakhir Arema FC. NIlai transfernya setara dengan 7,1 miliar rupiah.

Itulah lima pemain bola Indonesia dengan nilai pasar tertinggi. Untuk melihat berita terkini lainnya terkait sepak bola nusantara, kunjungi Bola Nusantara. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *