Macam-macam alergi aneh yang bikin geleng-geleng kepala!

Kebanyakan orang pasti punya alergi, entah terhadap bulu hewan, obat-obatan tertentu dan lain sebagai nya.

Tapi pernah bayangin gak sih? ada orang yang alergi nya aneh-aneh banget malah sampai gak masuk diakal?

silahkan simak artikel dibawah ini ya :

1. Alergi latihan fisik

Alergi yang satu ini cukup aneh. Ada sebuah kondisi dimana seseorang akan mengalami reaksi alergi parah setelah melakukan aktivitas fisik. Gejala ini bisa berbentuk rasa gatal dan kram.

Jika seseorang yang mengidap alergi ini melakukan olahraga terus-menerus, dia dapat mengalami cardiovascular collapse yang membahayakan. Bagi penderitanya, sakit kepala setelah latihan fisik dalam berlangsung selama 3 hari.

Wah, kalau ada teman yang mengatakan dirinya alergi olahraga, bisa jadi dia mengatakan hal yang sebenarnya lho.

2. Alergi bersentuhan

Alergi yang satu ini disebut dermatographia atau disebut juga “skin writing“. Orang dengan alergi ini akan mengalami benjolan merah yang gatal, setiap kali ada sesuatu yang menggores kulit mereka, termasuk bersentuhan dengan orang lain.

Biasanya, penderita alergi ini akan mengalami benjolan merah setiap kali pakaiannya mengenai kulit mereka, atau ketika berjabat tangan, atau bahkan bersentuhan dengan orang lain.

Namun alergi ini umumnya hanya berlangsung sekitar 30 menit. Setelah itu, kondisi kulitnya kembali normal. Tapi, para penderitanya tetap saja kerepotan.

3. Alergi air

Bayangkan jika Anda mengidap alergi air. Alergi ini disebut “aqua urtikaria genic“. Penderita alergi aneh ini akan merasa gatal dan muncul benjolan merah yang gatal, tak lama setelah dia bersentuhan dengan air.

Sebuah laporan menunjukkan, seorang anak berusia 4 dan 19 tahun datang ke klinik dengan keluhan ruam seluruh tubuh. Ketika diuji, terbukti ruam itu terjadi karena mereka terkena air. Namun, kedua pasien tersebut dapat meminum air tanpa mengalami komplikasi.

4. Alergi Listrik

Alergi listrik termasuk jenis alergi langka yang masih menimbulkan pro dan kontra di kalangan medis. Mereka masih berdebat, apakah ini termasuk penyakit atau bukan.

Alergi listrik ini akan membuat penderitanya harus “bertapa”, menjauhi kehidupan sosial, dan selalu mengurung  diri. Ponsel atau bahkan sekadar lampu pijar pun bisa menjadi petaka bagi penderitanya.

Setiap kali penderita alergi listrik berada dalam jangkauan medan elektromagnet yang dipancarkan perangkat-perangkat tersebut, dia akan langsung merasakan sakit kepala dan nyeri dada.

 5. Alergi suara

Alergi terhadap suara berarti seseorang mengalami kondisi yang sangat sensitif terhadap suara. Jika setiap desibel suara yang didengar manusia normal dianggap menyenangkan, tidak kentara / wajar, tidak demikian dengan penderita alergi suara.

Mereka akan merasakan nyeri yang sangat tajam di telinganya. Bahkan mereka bisa menjadi pusing. Dalam beberapa kasus, penderita alergi suara ini bukan hanya alergi pada suara tinggi, tetapi juga pada suara rendah.

6. Alergi sepatu

Walau terdengar konyol, ada beberapa orang yang mengalami gejala fisik akibat alas kaki. Misalnya timbul peradangan, kulit pecah-pecah dan rasa perih.

Hal ini disebabkan adanya bahan kimia formaldehyde pada zat perekat sepatu. Biasanya, orang yang menderita alergi sepatu harus sering mencoba banyak alas kaki sampai akhirnya menemukan sepatu yang tepat.

7.Alergi pakaian dalam

Sama seperti sepatu, pakaian dalam mengandung bahan kimia dan kain yang dapat menyebabkan iritasi bagi orang dengan kulit sensitif.

Bahan lateks serta zat kimia yang digunakan untuk membersihkan dan mengawetkan kain biasanya menjadi penyebab utama alergi.

8. Alergi cahaya.

Alergi ini dikenal dengan istilah “solar urticaria”. Orang-orang dengan kondisi ini sangat sensitif terhadap cahaya.

Mereka juga berada pada kondisi yang sebut photosensitif atau sensitif terhadap panjang gelombang cahaya tertentu. Ketika terkena cahaya ini, penderita akan mengalami bengkak dan bercak merah di sekujur tubuh.

Sekitar empat persen penduduk di dunia mengidap alergi cahaya, dan dapat dialami seseorang pada usia berapapun.

Aneh-aneh ya? kebayang gak kalian punya alergi macam ini? pasti nya ngeri ya? share jika berkenan, semoga bermanfaat!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *